Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Peduli, Inklusi, Solidaritas, Meraih Harapan

Montov

Teater Inklusi Kembali Mengadakan Pertunjukan Teater Dalam Ajang Sarkem Fest 2024

  • 02 Maret 2024
  • 4 menit waktu baca

Bagikan

Sarkem Fest kembali diadakan di tahun 2024 ini yang merupakan ajang Sarkem Fest ke 5. Sarkem Fest 2024 dilaksanakan pada tanggal 1 – 2 Maret 2024 dan kali ini diadakan di sepanjang Jl. Sosrowijayan Kota Yogyakarta.

Sarkem Fest 2024 diawali dengan kirab Tujuh Gunungan Apem yang menandai dibukanya ajang Sarkem Fest. Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko mengatakan tujuan diadakannya Sarkem Fest merupakan ajang promosi potensi pariwisata kawasan Sosrowijayan dan Pasar Kembang dalam rangka untuk memperkuat daya tarik wisata Kota Yogyakarta.

Menyapa Rasa, Mengangkat Martabat

Merupakan tema Sarkem Fest 2024 dan setelah dibuka dengan kirab maka akan ada pertunjukan seni dan budaya di sepanjang Jl. Sosrowijayan. Diantara pentas seni budaya tersebut terdapat penampilan menarik yang disajikan seperti Rewang Gawe Apem, Kirab Apem, Kenduri Ruwahan Apem, Pentas Tari, Flashmob, Music Perfomance, Bazar Ekraf dan tentu saja pertunjukan teater dari Teater Inklusi yang akan hadir di panggung utama.

Tentang Teater Inklusi

Community-Led Innovation Partnership (CLIP) atau Kemitraan untuk Inovasi yang Berbasis Kepemimpinan Masyarakat melalui Program IDEAKSI (Ide Inovasi Aksi Inklusi) Kedua terus bergulir. 15 inovator lokal terpilih akan terus berproses bersama YAKKUM Emergency Unit (YEU) dalam mengembangkan ide inovasi inklusif untuk penanggulangan bencana (PB) dan adaptasi perubahan iklim salah satunya adalah Tim Teater Inklusi Yogyakarta dengan mengusung MODUS: Mobile Edutainment.

Sebagai bagian dari 15 tim inovator lokal yang terpilih, Tim Teater Inklusi Yogyakarta yang terdiri dari beberapa komunitas WPA (Warga Peduli AIDS), Pita Merah Yogyakarta dan Yayasan Kebaya mempunyai mandat memperkenalkan proyek Teater Inklusi yang inovatif, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pengurangan resiko bencana melalui seni pertunjukan teater yang dilakukan secara keliling dan dapat diakses melalui perangkat mobile seperti ponsel dan tablet. Pertunjukan akan mencakup cerita rakyat yang sudah melegenda dan di dalamnya disisipi edukasi yang berfokus pada resiko bencana dan langkah-langkah yang dapat diambil oleh individu dan komunitas untuk mengurangi resiko bencana di masyarakat.

Baca juga:  Konferensi AIDS 2024 Kembali Diselenggarakan Tahun Ini

Sebagai implementasi Program IDEAKSI tersebut yang dikemas dalam rangka memeriahkan Acara Sarkem Festival 2024, maka Teater Inklusi Kota Yogyakarta berencana mengadakan kegiatan Mobile Edutainment melalui pertunjukan seni ini yang berkolaborasi dengan komunitas dan potensi lokal yang berada di wilayah Kelurahan Sosromenduran, Kota Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada Sabtu 2 Maret 2024, pukul 18:15 di panggung utama Sarkem Fest, tepatnya di halaman hotel Patra.

Tujuan Pertunjukan Teater Inklusi

Ada 3 hal yang ingin disampaikan dalam pertunjukan ini yaitu:

  1. Pendidikan
    • Melalui pertunjukan ini, kami akan menyampaikan informasi penting tentang Pengurangan Resiko Bencana (PRB) seperti bencana alam, jenis-jenis bencana, tanda-tanda peringatan dan tindakan mitigasi yang dapat diambil.
  2. Pemberdayaan
    • Kami ingin memberdayakan komunitas dan potensi lokal untuk mengambil langkah-langkah proaktif dalam mengurangi resiko bencana. Menyediakan panduan praktis dan sumber daya untuk membantu mereka dalam edukasi pengurangan resiko bencana ini.
  3. Kesadaran
    • Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya bersiap-siap menghadapi bencana. Pertunjukan teater ini akan menjadi panggung bagi cerita inspiratif yang mengingatkan mereka tentang kekuatan bersatu dalam mengatasi krisis.

Teater inklusi kali ini akan mementaskan seni pertunjukan teater yang berjudul:

CLBK: Cinta Lama Bersemi Kembali

Edukasi Pengurangan Resiko Bencana Kebakaran

Video pentas Teater Inklusi yang berjudul CLBK: Cinta Lama Bersemi Kembali dapat disaksikan di kanal Youtube CD Bethesda

Kru

  • Penulis Naskah & Sutradara: Bey Saptomo
  • Penata Kostum: Simbah Production (Rio)
  • Penata Musik: Lucky CS
  • Stage: Kelik Rengganis
  • MC: Ipeh & Indri

Pemain 

N. Baggaswara – Candra Neiskarani – Pur – Gun Antasena – Arumce – Etik – Lesiya Desti – Oma Heye – Zosy – Kartini – Budi Satriawan – Taslim – Saridi – Kesya – Noy – Septi – Supri – Yani – Rafel – Tari

Tentang Penulis

Pita Merah Jogja adalah organisasi yang peduli dan inklusi yang fokus terkait isu HIV/AIDS dengan anggota yang terdiri dari ODHIV, ODHIV dengan Disabilitas, OHIDHA, ADHA dan orang yang peduli dengan isu HIV/AIDS di Yogyakarta

Anda berada di wilayah Yogyakarta dan terpapar HIV?

Jangan takut untuk menghubungi Pita Merah Jogja dan kami akan memberikan pendampingan serta informasi apa yang harus Anda lakukan. Apabila Anda dari luar Yogyakarta juga dapat menghubungi kami, kami akan coba beri informasi sebisa kami.

Sebelumnya

Pengertian dan Makna dari Perilaku Seks yang Aman

Selanjutnya

Hari Perempuan Sedunia dan Peran Perempuan Dalam Melawan HIV