Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Peduli, Inklusi, Solidaritas, Meraih Harapan

Montov

Kapan Pengobatan Anak Dengan HIV Diterapkan di Indonesia?

  • 15 Januari 2024
  • 2 menit waktu baca

oleh Eva Dewa

Bagikan

Pengobatan anak dengan HIV merupakan salah satu kemajuan dalam dunia medis dan sudah diterapkan di berbagai negara. Perkembangan ini menjanjikan harapan besar bagi kesehatan anak dengan HIV dan kualitas hidup mereka. Namun, ada pertanyaan besar saat ini, kapan pengobatan tersebut dapat diakses oleh anak-anak dengan HIV di Indonesia?

Saat mengikuti Konferensi AIDS Internasional yang diadakan di Montreal, Kanada, tahun 2022, saya mengikuti sebuah sesi diskusi bersama GNP+ dan Aidsfonds yang membahas tentang terapi efektif bagi anak dengan HIV. Panelis menjelaskan temuan terbaru ketersediaan terapi ARV khusus anak yang efektif dan dapat diakses banyak pasien anak yang hidup dengan HIV di berbagai negara. 

Saya menjelaskan tentang kondisi di Indonesia bahwa anak-anak dengan HIV masih diberikan terapi ARV umumnya untuk orang dewasa yang dosisnya disesuaikan. Jangankan untuk mendapatkan jenis terapi yang terbaru, Indonesia bahkan tidak mempunyai banyak pilihan terapi ARV khusus anak yang dapat diakses. Banyak anak sebenarnya membutuhkan jenis terapi tersebut agar dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan memutus mata rantai kematian anak karena gagal terapi atau karena masuk stadium AIDS. 

Reaksi para panelis dan peserta yang hadir dalam sesi tersebut cukup terkejut atas situasi yang terjadi di Indonesia. Mereka tidak menyangka bahwa upaya dalam memperjuangkan akses universal terhadap terapi HIV masih mengalami kendala serius dalam hal aksesibilitas pengobatan bagi anak-anak yang membutuhkan.

Advokasi HIV pada anak-anak

Perjuangan untuk menghadirkan pengobatan HIV yang efektif bagi anak-anak Indonesia menjadi agenda yang mendesak. Kolaborasi antara pemerintah, organisasi kesehatan, lembaga swadaya masyarakat, dan stakeholder terkait menjadi kunci utama dalam menjembatani kesenjangan ini. Perlu tindakan konkret dalam menggalang dukungan untuk mendorong kebijakan tersedianya pengobatan HIV khusus bagi anak-anak di Indonesia. Kampanye yang lebih luas dan terus menerus tentang situasi yang terjadi di Indonesia perlu dilakukan agar dapat menjadi bahan masukan para pemegang kewenangan di level global untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Baca juga:  Hari AIDS Sedunia, Pentingkah?

Jika pengobatan yang efektif telah menjadi suatu keniscayaan, harapan bagi anak-anak dengan HIV di Indonesia terletak pada kesungguhan bersama dalam memastikan bahwa setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pengobatan yang mereka butuhkan. Melalui upaya bersama, mimpi adanya akses merata terhadap pengobatan HIV bagi anak-anak di Indonesia bukanlah lagi sekadar khayalan, melainkan sebuah kenyataan yang bisa diwujudkan.

Anda berada di wilayah Yogyakarta dan terpapar HIV?

Jangan takut untuk menghubungi Pita Merah Jogja dan kami akan memberikan pendampingan serta informasi apa yang harus Anda lakukan. Apabila Anda dari luar Yogyakarta juga dapat menghubungi kami, kami akan coba beri informasi sebisa kami.

Sebelumnya

Mengenal PrEP, Pencegahan untuk HIV: Sebuah Guide

Selanjutnya

Fitur Aksesibilitas Pada Aplikasi MONTOV Untuk Pemantauan Kesehatan Mandiri Bagi ODHIV dan ODHIV Dengan Disabilitas