Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Peduli, Inklusi, Solidaritas, Meraih Harapan

Montov

Pentas Teater Inklusi yang Berjudul: True Love Tresno Sejati

  • 23 Desember 2023
  • 2 menit waktu baca

Bagikan

Sebagai salah satu dari 15 inovator lokal yang terpilih oleh Yakkum Emergency Unit (YEU), yaitu Tim MODUS: Mobile Edutainment Teater Inklusi Kota Yogyakarta mengadakan pertunjukan yang berjudul True Love: Tresno Sejati. Tim MODUS yang terdiri dari beberapa komunitas WPA (Warga Peduli AIDS), Pita Merah Yogyakarta dan Yayasan Kebaya mempunyai mandat memperkenalkan proyek Teater Inklusi yang inovatif, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pengurangan resiko bencana melalui seni pertunjukan teater yang dilakukan secara keliling dan dapat diakses melalui perangkat mobile seperti ponsel dan tablet.

Pertunjukan teater ini mencakup cerita rakyat yang telah melegenda dan didalamnya disisipi edukasi yang mengurangi resiko bencana yaitu masalah sampah yang terabaikan. Acara yang diselenggarakan bertepatan dengan hari Ibu ini juga turut dimeriahkan kelompok-kelompok seni dan aktor lokal dalam hal ini adalah kesenian tari PAUD dan pertunjukkan dari Ibu-ibu RT 3 Ngampilan Yogyakarta.

Pertunjukan teater ini diadakan pada Jumat, 22 Desember 2023 di Pendopo RTHP (Ruang Terbuka Hijau Publik) Ngampilan mulai pukul 15:00 hingga 20:00. Pertunjukan teater ini cukup sukses dan meriah karena dihadiri oleh masyarakat setempat serta tamu undangan dari: Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Ngampilan, Lurah Ngampilan, Babinsa Ngampilan, Kapolsek Ngampilan, LPMK, Ketua RW01 dan RT03 Ngampilan, Ketua Kesenian Bergodo Ngampilan, CD Bethesda, YEU, Yayasan Kebaya, Pita Merah Jogja dan WPA.

Diharapkan dengan adanya teater seperti ini dapat menyampaikan informasi penting tentang bencana alam, jenis-jenis bencana dan tanda-tanda peringatan. Tidak kalah penting juga agar dapat memberdayakan komunitas lokal untuk mengambil langkah-langkah proaktif dalam mengurangi resiko bencana. Diharapkan juga agar kesadaran masyarakat akan pentingnya bersiap-siap menghadapi bencana. Pertunjukan teater ini akan menjadi panggung bagi cerita inspiratif yang mengingatkan mereka tentang kekuatan bersatu dalam mengatasi krisis.

Baca juga:  Teater Inklusi Kembali Mengadakan Pertunjukan Teater Dalam Ajang Sarkem Fest 2024

Anda dapat menyaksikan pertujukan True Love: Tresno Sejati di channel Youtube CD Bethesda:

Berikut adalah susunan para pemain dari Teater Inklusi yang telah dengan sukses memainkan pertunjukan teater True Love: Tresno Sejati.

  • Naskah & Sutradara: Bey Saptomo
  • Penata Artistik: Panggah
  • Penata Musik: Lucky
  • Pemain: N. Baggaswara, Candra Neiskarani, Pur, Gun Antasena, Arumce, Kelik Rengganis, Etik, Lesiya Desti, Oma Heye, Zosy, Kartini, Budi Satriawan, Bu Nanik, Bu Sarjinem, Bu Raminah, Bu Atika, Bu Candra, Bapak Sarijo

Tentang Penulis

Pita Merah Jogja adalah organisasi yang peduli dan inklusi yang fokus terkait isu HIV/AIDS dengan anggota yang terdiri dari ODHIV, ODHIV dengan Disabilitas, OHIDHA, ADHA dan orang yang peduli dengan isu HIV/AIDS di Yogyakarta

Anda berada di wilayah Yogyakarta dan terpapar HIV?

Jangan takut untuk menghubungi Pita Merah Jogja dan kami akan memberikan pendampingan serta informasi apa yang harus Anda lakukan. Apabila Anda dari luar Yogyakarta juga dapat menghubungi kami, kami akan coba beri informasi sebisa kami.

Sebelumnya

Tips dan Trik Mengatasi Rasa Bosan Minum ARV Setiap Hari

Selanjutnya

Hari Tes HIV Nasional, Perlukah?